viernes, 16 de enero de 2009

English (Indonesia) ::

Opera Mini. Aplikasi wajib yg hampir disemua hape pasti ada. Karena berguna banget dan downloadnya gratis. Suatu hari, gue update versinya ke versi terbaru. Gue milih versi bahasanya dan gue ngeliat pilihan bahasa Inggrisnya banyak banget. Tapi yang bikin gue 'mengerenyitkan' dahi gue pilihannya diantaranya gini :
  • International
  • English (Australia)
  • British English
  • English (Indonesia)
  • English (Ireland)
  • English (India)
  • English (Russia)
  • English (USA)
Wat?? English (Indonesia) ? Sejak kapan di Indonesia bahasanya Inggris ? Kalo Australia, British, Ireland, n USA emang bahasa resminya Inggris kan? Jadi sah2 aja kalo ada versinya. Trus kalo India. Disana kan Bahasa Inggris emang statusnya jadi bahasa administratif negara. Jadi sah2 aja (juga). Berikutnya Russia. Disana kan banyak rumpun bahasa (Slavik, Turkik, Mongolik, Kaukasia Utara, Selatan, dmbl [dan masih banyak lagi]) yang ga ada versinya. Juga karna bahasa Rusia ntu jauh lebih susah dibanding bahasa Inggris. Jadi orang2 minoritas disana lebih milih belajar bahasa Inggris ketimbang Rusia. jadi gue bisa maklum ada versi English (Russia) buat orang2 minoritas disana.

Tapi kalo English (Indonesia) ??? Padahal versi Bahasa Indonesia jelas2 tersedia. Bahasa Inggris bukan bahasa resmi /persatuan /pendidikan /apalah itu. Indonesia kasusnya beda sama Rusia soalnya hampir semua bahasa di Indonesia 1 rumpun (Austronesia). Trus knapa donk? Karna orang Indonesia kebanyakan download yang bahasa Inggris, so pihak opera mini nyediain versi English (Indonesia).

Gue bukannya ngelarang mereka yang download versi Bahasa Inggris. Tapi, apa kata orang luar negri yang download juga n ngeliat pilihan English (Indonesia) ?? Mereka pasti mikir gini, "Oo.. gue baru tau ternyata di Indonesia bahasanya Inggris. Mereka ga punya bahasa sendiri, jadi pake bahasa Inggris."

Nah lo . .

Padahal waktu kongres pemuda, pemuda/i Indonesia bersumpah "Kami putra-putri Indonesia menjunjung tinggi bahasa persatuan, Bahasa Indonesia." (Sumpah Pemuda). Gue juga bukannya ngecam mereka yang menjunjung tinggi bahasa Inggris karna itu (menurut gue) hak mereka. Tapi, dimana tanggung jawab kita sbagai generasi penerus bangsa ?? (cie gw ..). Sekarang emang jamannya globalisasi & Bahasa Inggris emang Bahasa Internasional. Tapi, seharusnya kita bisa nempatin, kpan musti pake B. Indo & kapan musti pake B.Inggris. Jadi bangsa yang sukses ga harus jadi bangsa menjunjung tinggi bahasa internasional (tapi nyatanya kita belum sukses). Kita bisa ambil contoh Jepang n Prancis. Mereka menjunjung tinggi budaya n bahasa sendiri banget. Malahan cenderung Anglofob. Tapi mereka bisa jadi bangsa yang maju.

Gue akuin, bahasa Inggris ntu pentiiiiing banget. Kalo kita bisa bahasa Inggris, kita bakalan dapet masa depan yang bagus. Tapi kita harus bangga jadi bangsa yang tinggal di negeri yang :
  • Keindahan alamnya yang Amazing
  • Kaya raya akan budaya
  • Kaya raya akan sumber alam
  • N masih banyak lagi alesan kenapa kita harus bangga jadi bangsa Indonesia

No hay comentarios.: