domingo, 29 de marzo de 2009

Apa Yang Salah Dengan India ? ::

Gue dari SMP ngefens banget sama all the things 'bout Hindustan alias India alias Bharat Ganarajya. Yap, kalo sekarang banyak banget orang² yg tergila-gila sama segala sesuatu yang berbau NiHon alias Jepang. Nah, kalo gue terhadap segala sesuatu tentang negeri India. Gue suka budayanya, musiknya, filmnya, diversitas etniknya, bahasanya, makanannya juga. Bagi gue, segala sesuatu berbau India itu indah banget. Entah kenapa gue jadi ngerasa lebih cinta budaya India daripada budaya negeri sendiri. Nah lo...

Tapi banyak orang yg seakan nganggap gue ini ga wajar. Mereka kaget pas tau gue ngefens India dan bilang, "Ih, eja. gue gak nyangka orang kaya lo seleranya India". Bagi mereka gini : India itu negara melarat, kebudayaan India itu nggak banget, film n musiknya super duper hyper alay, dan hal² buruk lainnya.

Trus, kan gini ya pemirsa. Di skolaan gue ada sekelompok anak (termasuk gue) yang pngen ngajuin proposal ekskul baru, ekskul Bollywood (Lucu kan? lucu kan?). Nah, pas gue disuruh nyari anggota baru, mreka tuh rata² pada gitu responnya. Kbanyakan sih ketawa gara² bagi mereka India itu ga ada bagus²nya. Mereka aja yang berpikiran dangkal. Yang namanya selera yaa harus dimaklumin kan?? Menyukai/ tidak menyukai terhadap sesuatu itu hak orang kan? Ya kan? udah, jawab aja iya. . .

India ntu negeri yang indah banget (walaupun Indonesia juga ga kalah indah). Semua iklim ada di sana. Eh, ini serius lhoo.. kalo kita mau nyari tempat yang dingin nan bersalju tebel ada di Kashmir. Kalo mau nyari pantai-pantai eksotis, ada di Kerala. Kalo mau nyari hutan lebat yang punya status megabiodiversity, ada di Assam. Kalo mw nyari gurun pasir yang banyak ontanya, ada di Rajasthan. Kalo mau nyari pegunungan sedimen macem Grand Canyon, di Dekkan ada. Kalo mau nyari kota metropolitan dengan gedung² pencakar langit, Mumbai-lah jawabannya.

Gue seneng film n musik India. Ga tau sejak kapan. Bagi gue, film² Bollywood (BOmbay hoLLYWOOD) ntu berkualitas n ceritanya bagus². Emang sih, alurnya rada ribet karna film Bollywood itu panjang2. Kalo nonton film India pasti gue nikmatin ceritanya. Walaupun terkadang gue gak ngeh sama judulnya. Lagunya juga gitu, menurut gue lagu India itu enak² n menentramkan jiwa. Gue naro banyak lagu India di henfon gue (termasuk lagu kebangsaan India). Dan gue ampe apal lagu kebangsaannya. Tapi suka lagu India bukan berarti suka lagu² dangdut. Entah kenapa, kata orang² sih lagu dangdut itu mirip lagu India, tapi gue sama sekali gak suka lagu dangdut (bisa dibilang rada ga suka). Bagi gue, dangdut itu musiknya 'rusak' (sori buat yang tersinggung), jadi ya ga bagus aja. Beda sama lagu India yang keren².

Gue juga seneng banget budaya n bahasa India. Budaya India itu indah banget. Bagi gue, dua orang sejoli yang kejar²an sambil nari n nyanyi ngelilingin pohon ntu indaaaaaaaah banget. Bagi gue, apapun bentuk budaya India, selalu bagus. Gue ngerasa kaya udah nyatu aja sama budaya India. Trus, gue juga salut sama orang sono yang menjunjung tinggi budayanya sendiri abis-abisan. Dimana-mana di luar India sekalipun, orang India hampir selalu pake baju tradisionalnya kalo ke tempat umum. Kalo lu liat juga kan, di kota² besar kaya Jakarta atau Surabaya mreka kalo jalan²pun pake Sari/ Shawar Kameez (baju tradisional mereka) walaupun mereka turis. Mreka ga malu, dengan pake baju begituan, mereka seakan bilang: "WOY SEMUA ORANG, GUE ORANG INDIA DOOONG... KEREN KAN KEREN KAN?". Sedangkan kalo orang Indonesia??

Begitu pula dengan bahasa. India kan diversitas bahasanya gede banget kan. Di sana bahasa resmi negara ada 23. Indonesia juga gitu kan? kaya akan bahasa yang berbeda-beda. Cuma bedanya, tiap bahasa India bisa dibilang hampir semuanya make huruf aslinya sendiri-sendiri. Ga kaya bahasa² daerah Indonesia yang pake huruf latin semua. Ada sih, kaya huruf Jawa, huruf Sunda, huruf Batak, huruf Lontara, dll. Tapi sistem penulisan utamanya pake latin kan?? Huruf aslinya cuma buat cultural-purpose. Di India ga begitu, buat bahasa sehari-hari pun mereka pake huruf masing-masing. Hampir ga pernah pake huruf latin kecuali kalo chatting/smsan aja.

Segitunyalah gue cinta sama India. Dan kalo orang nanya apa cita-cita gue, dengan bangga gue bakal jawab : Duta Besar RI untuk Republik India (amiiin)

No hay comentarios.: