miércoles, 6 de febrero de 2013

2010-2011 part 2 ::

ini postingan bagian kedua dari seri postingan 2010 - 2011

Lanjhooodt. Persiapan OSN waktu itu kebetulan bentrok sama kegiatan maba di SMA gw (bukan maba juga sih. di SMA maba disebutnya apaan sih? sisba?). Ngorlas lagi kayak taun sebelumnya [secara tampang gw amat sangat tidak mendukung untuk jadi sentra gituh 0:)]. Kali ini nama kelasnya scorpius, dan sambil ngorlas sering curi2 kesempatan buat belajar buat persiapan osn. Prestasi mereka juga membanggakan. Kelas terbaik atau apa gitu. & kompak bgt! Pokoknya bangga & seneng deh jadi panitia MOPD di taun itu.


 Bentuk tasnya tong sampah. Mayan dikira pemulung kalo berangkat sekolah apalagi yg berangkatnya transit dulu lewat terminal

Abis MOPD, ada pembinaan OSN yg ngadain pemda JaBar, cuma bentar. 3 hari dan belajar efektifnya cuma 1,5 hari. Disana ketemu sama delegasi osn kebumian lain dari Jawa Barat. Ada 5 orang termasuk gw: (dari kanan ke kiri)



1. Gw sendiri
2. Ayip : dari 1 Palimanan Cirebon tapi tinggal di Majalengka kalo gak salah. Sunda banget orangnya hehe trus dia taun sebelumnya udah ikut OSP
3. Pak Joko Wiratmo : Dosen dari Meteorologi ITB, beliau yg ngajarin kita2 ini meteorologi. Dan gw ada semacam rasa bersalah sama dosen ini. Gw TIDUR pas beliau lagi ngajar walhasil disuruh keluar cuci muka. Maaf ya pak~
4. Ajang : dari Cisarua, Bandung. Pinternya kebangetan, secara taun sebelumnya udah ikut OSN (sementara gw osk aja gak lolos T.T) Korea banget orangnya heheheh dan sekarang doi kuliah di SNU, yap, universitas terbaik di Negeri Gangnam sana
5. Endang : dari smansa Subang. Paling cantik diantara kita berlima (you don't say?)
6. Luthfi: dari smansa Cianjur. Teman senasib sama gw di OSN dan P******s nantinya hehe

Oiya, dari 5 orang itu, cuma gw doang yang yg gak bisa ngomong sunda. Padahal gw juga orang sunda & lahir di Sukabumi -__________- Bisa sih, tapi malah campur2 indo & gak bisa bedain mana lemes mana kasar


Tapi nih ya, pembinaannya itu sendiri kurang banget. Apalagi kalo dibandingin provinsi tetangga ononoh yg ampe 1 bulan. Kita waktu itu cuma belajar geologi, meteorologi (dimana gw sukses tidur), dan astronomi (waktu itu kelasnya digabung sama anak astronomi yg emang spesialis astro & levelnya jauh diatas kita, walhasil gak ngerti apa2 di kelas astro). Tapi disini gw bukannya mau nyalahin pemda iya gw tau pembinaan gituan mahal bayar dosennya akomodasinya dll. Lagian itu kan 2 taun lalu. Taun2 sekarang udah lumayan oke kok :))

1 Agustus 2010

Dateng pagi-pagi buta ke smansa buat ngejar flight pagi di Soetta. Jam 3an bareng wakil smansa laen di OSN (Kebumian: gw, Astronomi: Iqbal, Ekonomi: Dhika, Biologi: Sifa, Kimia: Lukman & Sendi). subuh di bandara trus berangkaaaaaat bareng wakil jabar yg laen yd dari bandung berangkat rame2 ke Soetta trus ke Mdan

Di pesawat, gw sama Lukman sempet diwawancara reporter khusus OSN loh wkwkwkw

Nyampe bandara Polonia sana apa yg terjadi sodara2?? Kita lapuk berjam2 nunggu bagasi kita yg gak nyampe2. Yaudahlah beberapa jam kemudian setelah makan, motokopi administrasi (potokopian termahal yg pernah gw temuin) dan bagasi nyampe (akhirnya). Kita berangkat ke hotel masing2 naek bis yg disediain panitia. Beda bidang beda hotel walhasil gw sebatang kara gak kenal siapa2 kecuali ya wakil kebumian dari Jabar yg laen yg 4 orang itu.

Hotelnya hotel tua tapi bagus sih, Dharma Deli Inn, letaknya di pusat kota Medan. Bidang laen kan dipencar2 hotelnya agak jauh (tapi bagus2 cing bintang 4 semua kayaknya kebumian doang yg bintang 3) jadi mereka perlu naek bis buat menuju venue utama di Lapangan Merdeka sementara kita anak2 kebumian tinggal nyebrang. Bayangin aja seratus lebih orang kalo nyebrang diteriakin suruh cepetan cepetan hahaha oiya gw sekamar sama William dari SMA Methodist 3 Medan. Trus makanannya enak2 iyalah secara hotel gitu

Trus, disana gw ketemu orang2 yg emang udah dewa kebumian yg juga jadi peserta (taun sebelumnya ikut OSN dan dapet medal dan ada yg ikut IESO juga) which means bakal saingan sama gw di kompetisi ini. Biasanya gw yg ngestalk mereka2 di fb trus disana ngeliat langsung orangnya. Rasanya minder2 gimanaa gitu. "Ooh ini yg namanya AO, yg taun ini ikut IESO". "Ooh itu yg namanya FTA, SAR, yg taun lalu udah dapet medali". "Ooh itu yg namanya AW, yg nyampe pelatnas 3". Pokoknya banyak bgt mereka2 yg udah dewa entah itu ikut OSN taun sebelumnya atau ikut OSP taun  sebelumnya. Sementara langkah gw musti terhenti di tingkat kota

Tanggal 2 agustusnya, pembukaan di lapangan merdeka. Satu kata: Neraka bocor. Asli panas banget nying! Trus upacara pembukaan kita2 disuguhi penampilan kesenian daerah Sumatera Utara gitu. Gw terpesona! serius. Makin bangga jadi bagian dari negeri yg kaya raya akan budaya ini hazeeek

Besoknya tes tertulis & praktek lab di SMAN 2 Medan yg lumayan deket bandara. 50 soal pg & 5 soal esai. Abis itu dilanjut tes peraga di laboratorium, Ngisi soal berdasarkan alat2 peraga geologi yg disediain (batu, mineral, replika patahan, kompas geologi, peta geologi, fosil, dan lain-lain) Waktu ngerjain tes tertulis sih, gw lumayan pede secara umum bisa & malah ampe yakin bakal dapet medali. Tapi setelah pada bahas, keyakinan gw dapet medali runtuh begitu saja. Banyak bgt jawaban gw yg ternyata salah! entah itu karna gak teliti atau ngasalnya keterlaluan. Yasudahlah kemudian pasrach

Besoknya tgl 4 Agustus, kita tes praktek lapangan kalo kemarennya kita tes praktek cuma di dalem ruangan. Yap, salah 1 yg bikin gw seneng jadi anak kebumian..... jalan-jalannya! kalo bidang laen mah paling banter ke bursa efek (dan sebelum tulisan ini dibenerin, gw nulisnya 'bursa eek' -__________-) atau kebun binatang. Ada dua spot praktek lapangan, yg pertama stasiun Meteorologi Sampali dan yg kedua PLTP di Gunung Sibayak. Nama PLTPnya apaaa gitu lupa pokoknya nama batak lucu2 gitu hehe pertama kita ke stasium meteorologi. Disuruh baca alat2 meteorologi, termometer ini-itu, pias champbell-stokes, dll. Trus ngerjain soal berdasarkan pengamatan kita (kalo gak salah waktu itu pake psychrometric chart) Lumayan seru soalnya itu pertama kalinya gue megang alat-alat begituan yg sebelumnya cuma gw pelajarin di buku2 jadi tau deh aslinya kayak gimana. Bisa nanya2 petugasnya juga

Di stasium meteorologi

Abis dari stasiun meteo, lanjut ke PLTP. Nah, ini yg seruuu bgt. At least menurut gw. Sepanjang perjalanan dari stasiun meteo ke PLTP, gw gak bisa tidur, bukan, bukan gara2 sebelah gw ngorok atau apa. Tapi pemandangan alamnya yg Subhanallah... keren bgt pemandangan pegunungan bukit barisan! trus pedesaan & rumah2 penduduknya juga lucu2. Keliatan bgt damai & keharmonisannya, TPA disebelah gereja, dll. Banyak gereja2 kecil kayak yg di pegunungan alpen yg sebelumnya gw cuma liat di tv/internet. Waktu itu, dalem hati gw "semoga taun depan gw berkesempatan ngeliat gereja kecil lucu2 di Alpen beneran". Nyampe daerah PLTUnya, pemandangannya gak kalah wah. Disana disuruh jawab soal ttg singkapan batuan piroklastik gitu trus ada juga soal ttg bentang alam sepanjang perjalanan & ttg PLTP secara umum. Kalo boleh jujur sih, di hari kedua ini gue agak ogah2an gara2 udah hopeless duluan gapapalah gak dapet medal yg penting berkesempatan jalan2 ke Medan


Di deket gunung Sibayak. Gw sendiri gak yakin foto diatas ada gwnya ato nggak -___-

Malemnya, gw dikabarin sama Endang berita berupa yg bagi gw cukup mengejutkan, ga perlu diceritain disinilah ntar jatohnya sombong ehehe intinya, setelah dapet berita itu, gw jadi nyesel gak serius ngerjain tesnya. Ntar kalo gw beneran gak dapet medal, mayan malu-maluin masa ********* ******* *** gak dapet medal walhasil guapun galaw (saking galaunya pake w)

Setelah 2 hari berkutat dengan tes yg lumayan meres otak, besoknya kita refreshing tamasya ke obyek wisata namanya pantai cermin. Semacam ancolnya medan gitu. Kayaknya sih waktu itu obyek wisata itu masih baru dibuka gitu. Yg tamasya ke sana gak cuma bidang kebumian doang, semua bidang (astronomi, matematik, fisika, biologi, ekonomi, komputer, kimia) juga. Yaudahlah gw ngumpul sama anak2 smansa yg laen secara udah berhari-hari gak ketemu hehehe

Laskar OSN dari Smansa minus sifa

 'Mahakarya' kita. Entah itu apaan -____-

Malemnya, judul acaranya sih makan malem bareng gubernur Sumut. Ada performance dari Radja. Iya, yg Ian Kasela itu. Selain Radja juga ada beberapa guest star laen yg gak gw inget. Jadi kayak konser gitu, pada tereak2 nyanyi2 kalap ngelepas penat abis tes. intinya sih, buat hiburan sebelum Judgement day besoknya hehehe

Oiya, hari itu ibu gw dateng jauh2 dari depok, bareng sama 2 guru smansa (Bu Siro & Bu Eka). Emang beliau suka jalan-jalan & kebetulan belum pernah ke Medan juga.

yaudah skip aja ya langsung ke kepulangan. intinya gw gak dapet medali hahahahahhahahahahhahahahahhahahahhahahahhahahahahhahacukup mayan sedih waktu itu, perjuangan gw harus berhenti sampe medan, gak bisa ikut pelatnas (fyi, pelatnas disini itu semacam training camp berbulan2 buat milih tim wakil indonesia ke itali) apalagi waktu itu ibu gw hadir langsung di pengumumannya, beliau sedih bgt, sedih karena tau gw pasti kecewa berat bukan sedih karena kegagalan gw. tapi gw sendiri sih berusaha liat sisi positifnya aja, kapan lagi jalan2 ke medan grats hehehe:) lagipula dari smansa yg waktu itu kurang beruntung gak dapet medali gak cuma gw, ada beberapa yg lain, jadi ya gak terlalu malu lah

Tapi ada perasaan gimanaaa gitu ngeliat banyak yg lain dapet medali & meluapkan kegembiraannya dengan cara masing2, termasuk 2 rekan seprovinsi gw. yak, dari 5 wakil Jabar yang beruntung di OSN kali itu cuma 2 orang, termasuk Ajang yang nyumbang emas buat Jawa Barat (wuih)

Besoknya, kita kontingen smansa (plus beberapa tambahan) jalan-jalan mengeksplor kota Medan sekalian beli oleh2 juga

@Istana Maimun

Yaudah langsung skip ke pulang ya,
dalam keadaan sedih gara-gara pulang dengan leher hampa gak dapet medal

Pas sampe Soetta. Yang gigit medali emas itu Lukman, dari bidang kimia, kebanggaan smansa


Kebetulan ibu gue yang sekalian pelesir satu flight sama gue, jadi pulang ke Depok dari bandara bareng-bareng
Bersyukur banget dengan apa yang udah gue alami selama di Medan. Pertama kalinya ke Sumatra, dapet banyak temen-temen hebat dari seluruh penjuru Indonesia, kesempatan ngeliat eloknya alam Tano Batak, nginep di hotel gratis, naik pesawat gratis, dan banyak bgt deh agak susah diungkapin pake kata-kata :)

Kembali lagi ke Depok means back to reality sebagai anak kelas 12. siap-siap menghadapi TO ini-itu, ulangan, pemantapan dll. Minggu-minggu setelah OSN ini emang lumayan berat bagi gue waktu itu, inget banget sekian ulangan pertama gue gak ada yg gak remed. Apalagi waktu itu kalo gak salah Biologi sempet dapet 32. Tapi yah begitulah, bukan kelas 12 namanya kalo gak ada pahit-getir perjuangan

Bersambung









No hay comentarios.: